adv

Kamis, 29 Desember 2011

NBA Lockout, Djokovic Lanjutkan Dominasi


Dirk Nowitzki (AFP/Don Emmert)
Jakarta - Bulan Juli membawa 'awan mendung' buat NBA musim 2011/12 menyusul diberlakukannya lockout. Sementara itu Novak Djokovic melanjutkan dominasinya dengan tampil sebagai juara Wimbledon.

Lockout terjadi akibat tidak tercapainya kesepakatan finansial antara pemilik klub dan para pemain. 'Pembekuan' ini diberlakukan mulai tanggal 1 Juli pukul 00.01 waktu setempat.

Selama periode lockout, pemain tidak akan menerima gaji, tim tidak diizinkan untuk melakukan negosiasi, mendatangkan atau melakukan pertukaran pemain dengan tim lainnya.

Tidak hanya itu saja, lockout juga tidak memperbolehkan pemain menggunakan fasilitas tim untuk tujuan apapun. Tim juga tidak boleh menggelar atau memfasilitasi training camp musim panas, laga eksebisi, ujicoba, latihan, latihan atau pertemuan tim.

Ini merupakan lockout ketiga yang terjadi dalam sepanjang sejarah NBA, setelah musim 1995/96 dan 1998/99.

Dari dunia tenis, Djokovic menunjukkan dominasinya dengan menjuarai Wimbledon dengan mengalahkan Rafael Nadal dalam empat set, 7-6 6-2 6-7 6-3, di final pertamanya di lapangan rumput Inggris itu. Ia pun resmi menjadi pemain nomor satu dunia.

Dari nomor putri, petenis Republik Ceko, Petra Kvitova, muncul sebagai juara baru turnamen di lapangan rumput tersebut usai secara mengejutkan menundukkan Maria Sharapova di laga puncak denga straight set 6-3 6-4.

Sukses merengkuh gelar Wimbledon ini adalah prestasi pertama Kvitova, yang baru berusia 21 tahun, di arena Grand Slam. Hasil ini sekaligus memutus rangkaian trofi juara yang disabet Williams Bersaudara sejak tahun 2007, di mana Venus dan Serena bergantian berjaya di partai final.

Dari gelanggang tinju, Wladimir Klitschko berhasil merebut sabuk juara kelas berat WBA usai menang angka mutlak dari David Haye. Dengan ini Klitschko kini memiliki empat sabuk juara versi IBF, WBO, IBF dan terakhir WBA yang baru saja diperolehnya.

Di sisi lain, mantan juara asal Inggris, Ricky Hatton resmi pensiun setelah menjalani karier selama 14 tahun dengan rekor 45-2, 32 KO. Ia mengumumkan gantung sarung tinju pasca tak naik ring lagi sejak kekalahan memalukan dari Manny Pacquiao di duel kelas welter ringan, dua tahun lalu.

Di lintasan balap Formula 1, pembalap Ferrari, Fernando Alonso dan pembalap McLaren, Lewis Hamilton menjadi juara di bulan ini. Alonso juara di GP Inggris dan Hamilton kampiun di Jerman. Di Jerman Sebastian Vettel terlempar dari tiga besar, dan itu kali pertama ia absen naik podium di musim ini.

Kembali ke basket, pemain Houston Rockets, Yao Ming memutuskan berhenti. Keputusan itu disinyalir karena Yao frustrasi cedera retak tulang kaki kiri yang dideritanya dimusim lalu tak kunjung sembuh.

Sementara kesuksesan Dallas Mavericks merengkuh gelar juara NBA musim lalu diganjar penghargaan sebagai tim terbaik dalam ajang ESPY Award. Sedangkan bintang Mavs, Dirk Nowitzki terpilih sebagai atlet terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar