adv

Minggu, 01 Januari 2012

Seruan agar klub Eropa tidak curi pemain berbakat



Fabio Capello

Fabio Capello akan mengakhiri jabatan sebagai manajer timnas Inggris setelah Piala Eropa 2012.

FIFA harus menerapkan peraturan yang lebih ketat agar klub-klub Eropa tidak lagi "mencuri" pemain berbakat muda dari negara lain, kata manajer tim nasional Inggris, Fabio Capello.

Manajer asal Italia ini mengatakan dengan globalisasi, klub-klub sepak bola dapat terisi dengan para pemain muda dari seluruh dunia, dan seringkali mengganggu perkembangan jangka panjang timnas.

"Klub-klub di seluruh dunia mencari pemain berbakat dan mencuri pemain muda. FIFA harus menerapkan peraturan baru. Saya telah berbicara dengan (presiden UEFA Michel) Platini dan di masa depan klub-klub bola akan dilarang mencuri pemain saat mereka masih sangat muda," kata Capello

FIFA memiliki statuta, Peraturan 19, berisi larangan transfer pemain internasional berusia 18 tahun, namun satu aspek yang dapat membuka peluang adalah bila pemain muda itu pindah ke negara tempat asal klub untuk alasan yang tidak terkait sepak bola.


Tawaran menggiurkan

Peraturan berisi larangan transfer pemain di bawah usia 16 tahun berlaku di negara Uni Eropa namun seringkali dapat dilakukan dengan perkecualian lain.

Klub-klub besar Eropa sering dituduh menggunakan kemampuan keuangan besar untuk menarik pemain muda dari luar negeri dan yang sering melakukan adalah klub Inggris, serta Real Madrid dan Barcelona di Spanyol.

Capello mengatakan tawaran klub-klub itu terlalu menggiurkan bagi para pemain muda.

"Klub-klub ini menawarkan para pemain dan keluarganya dana besar. Bila keluarga pemain miskin maka bantuan itu akan sangat membantu dan mereka akan dengan senang hati pindah ke luar negeri," katanya.

Capello, 65, memiliki banyak pengalaman bagaimana sistem transfer pemain ini mempengaruhi pemain-pemain muda karena ia sebelumnya menjadi pelatih di Real Madrid, AC Milan, AS Roma dan Juventus sebelum menjadi manajer timnas Inggris tahun 2008.

Capello akan meninggalkan posisinya itu setelah Piala Eropa tahun depan di Ukraina dan Polandia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar